Inilah Daftar Negara dengan Tingkat Polusi Paling Berbahaya di Dunia

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   2/21/2017 11:19:00 pm
Polusi udara Serhamo.net - Dilansir dari The Eco Experts (21/02/2017) Sudah sejak lama perubahan iklim menjadi salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup manusia. Perkembangan emisi gas rumah kaca di bumi yang kian meningkat saat ini, sangat mungkin dapat menimbulkan bencana yang berdampak kerusakan permanen.

Kita bisa lihat data suhu bumi yang dikeluarkan NASA, dimana tahun 2016 menjadi tahun terhangat yang pernah tercatat dan kemungkinan besar tahun 2017 akan mengukir rekor yang lebih tinggi lagi dibanding 2016. Manusia tentu bertanggung jawab atas terjadinya fenomena ini,

The Eco Experts telah merangkum 10 negara dengan tingkat polusi tertinggi yang sangat berbahaya. Peringkat ditentukan berdasarkan 5 faktor: Konsumsi energi per kapita, emisi karbon dioksida dari pembakaran bahan bakar,, polusi udara, kematian yang disebabkan polusi udara, produksi energi terbarukan.

Jadi, studi yang dilakukan ini bukan hanya berfokus pada besarnya polusi disuatu wilayah namun juga energi terbarukan yang dipunyainya. Dan Dari data yang terkumpul, menunjukan Arab Saudi dan Kuwait menjadi negara dengan tingkat polusi paling berbahaya di dunia. Berikut peta yang menunjukan gambaran tingkat polusi diberbagai negara di dunia.

Daftar negara dengan polusi udara tertinggi di dunia

Arab saudi merupakan salah satu produsen minyak terbesar di muka bumi, disini jelas kilang minyak menjadi penyumbang polusi paling besar di dunia, tidak heran jika Negeri minyak itu menempati urutan pertama yang disusul dengan negara-negara timur tengah lainnya. Berikut daftar sepuluh negara dengan tingkat polusi paling berbahaya didunia:
  • Saudi Arabia
  • Kuwait
  • Qatar
  • Bahrain
  • United Arab Emirates
  • Oman
  • Turkmenistan
  • Libya
  • Kazakhstan
  • Trinidad and Tobago
Mengapa negara-negara besar seperti USA, Kanada, China dan Rusia yang juga terkenal dengan tingginya tingkat polusi tidak masuk dalam 10 besar ? Mengacu pada faktor produksi energi terbarukan, negara-negara besar tersebut memiliki pelaksanaan energi terbarukan yang sangat aktif sehingga pengurangan polusi dari tahun ke tahun diharapkan menurun.

Sementara untuk negara dengan tingkat polusi berbahaya paling rendah dipegang oleh negara-negara besar dibenua Afrika seperti Kenya, Tanzania, dan Ethiopia. Untuk negara kita sendiri, Indonesia menempati urutan ke-tujuh.


Penelitian ini sebagai perbandingan seberaba besar tingkat polusi udara diberbagai belahan dunia, dan hal ini belum termasuk keseluruhan polusi yang ada, seperti contohnya polusi pada air yang menjadi masalah sangat serius di negara-negara di benua Afrika -- yang juga sejatinya menjadi negara dengan tingkat polusi berbahaya terrendah--

Silahkan lihat data lengkapnya melalui inforgrafis.


Tampilkan Komentar