NASA: Asteroid Sebesar Gedung Empire State Siap Menabrak Bumi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   2/14/2017 03:10:00 pm
Asteroid mendekati bumi Serhamo.net - Perangkat teleskop radio raksasa Arecibo Observatory, yang dirancang untuk upaya pencarian sinyal radio alien, telah menangkap gambar sebuah asteroid besar yang mengancam bumi.

Asteroid dengan sebutan 2015 BN509 berbentuk seperti kacang, tidak hanya besar namun asteroid tersebut juga melaju dengan cepat. Pengamatan yang dilakukan pekan kemarin ini menjelaskan, 2015 BN509 memiliki panjang 400 meter dengan lebar 200 meter (seukuran gedung Empire State). Apa yang membuat asteroid ini sangat berbahaya adalah lintasannya yang dekat dengan bumi.

"bentuk kacang pada asteroid merupakan hasil dari kontak biner yang terjadi antara dua bagian pada asteroid, dimana dua bagian tersebut tidak berhasil mengorbit satu sama lain, dan akhirnya jatuh bersama-sama," ujar Dr. Edgard Rivera-Valentin, seorang ilmuwan dari University Space Research.

Diketahui Asteroid 2015 BN509 bergerak dengan kecepatan 70.500 kilometer per jam dengan jarak, 14 kali lebih jauh antara jarak bumi dengan bulan (itu berarti sekitar 5381600 KM). Jarak ini dinilai NASA berbahaya dan berisiko menabrak bumi suatu hari nanti.

Dr. Rivera-Valentin lebih lanjut mengatakan, data yang didapat dari teleskop radio ini dapat digunakan untuk mencegah dampak luas akibat tabrakan asteroid serta melakukan misi pertahanan planet. "Sebuah dampak asteroid, seperti bencana alam lainnya, sebenarnya bisa dihindari. Data dari Arecibo dapat digunakan oleh NASA untuk menginformasikan misi pertahanan planet," tambahnya.

Tampilkan Komentar