Aplikasi Qlue Terima 803 Laporan Aduan Terkait pelanggaran Pilkada DKI 2017

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   2/17/2017 06:48:00 pm
mengawal Pilkada 2017 lewat Aplikasi Serhamo.net - Pilkada DKI 2017 putaran pertama kini telah usai, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan aplikasi Qlue akhirnya mengeluarkan laporan terkait pelanggaran dan aduan yang terjadi di Pilkada paling seru se-indonesia itu.

Laporan mulai terkumpul dari tanggal 1 Desember 2016 sampai dengan 16 Febuari 2017, total terdapat 803 laporan Qlue yang masuk. Aduan terkait atribut kampanye menjadi yang paling banyak dilaporkan yakni sebesar 83,1 persen, disusul dengan Tempat Pemungutan Suara berjumlah 8,9 persen,  surat suara sebanyak 4,4 persen, dan terakhir terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 3.6 persen.

Teguh Prasetya, selaku Ketua Bidang Kebijakan Strategis Mastel mengatakan akan melanjutkan dan menyerahkan laporan ini ke Bawaslu. Menganai aduan yang diterima termasuk ke dalam bentuk pelanggaran atau tidak, Bawaslu yang berwenang untuk menentukannya.

Data yang didapat juga menunjukan adanya peningkatan laporan terkait atribut kampanye pada saat masa tenang atau satu hari sebelum hari pemilihan. Sedangkan untuk aduan TPS, surat suara dan DPT itu terjadi di hari-H.

Sementara itu untuk wilayah DKI Jakarta yang paling banyak melaporkan aduan, Jakarta barat berada di urutan paling atas. Partisipasi warga Jakarta barat dalam melakukan laporan aduan lewat aplikasi Qlue menjadi yang paling tinggi, sebesar 35 persen kemudian diikuti Jakarta Selatan sebanyak 24,7 persen, Jakarta Timur 17,8 persen, jakarta utara 16,8 persen dan posisi terakhir ditempati Jakarta pusat dengan 6,2 persen.

"Masyarakat sangat peduli, tidak hanya ikut mencoblos tetapi juga aktif mengawal pilkada ini" Ujar Teguh. Mastel yang bekerja sama dengan Qlue mengemban misi untuk mengajak warga ikut dalam mengawal pesta demokrasi. Pilkada DKI akan berlangsung dua putaran, Credit Marketing Officer Qlue, Ivan Tigana pun berharap partisipasi warga untuk mengawasi pilkada melalui Qlue akan lebih baik lagi. Pihaknya juga akan genjar lakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Sudahkah kalian ikut mengawal mengawal Pilkada serantak 2017 di indonesia ?

Tampilkan Komentar