Sony Bikin Sensor Kamera Smartphone Dengan Kecepatan Merekam Video 1000 FPS

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   2/08/2017 09:19:00 pm
Serhamo.net - Merekam video dengan fitur Slow motion pasti menjadi salah satu hal yang paling menarik dilakukan bagi kalian pemegang smartphone, benar bukan ?

Namun sayangnya fitur slow motion yang terdapat di kamera smartphone masih dirasa belum cukup baik dari segi kualitas, tidak terkecuali kamera dari smartphone high-end sekalipun.

Hal ini terjadi dikarenakan ketidakmampuan sensor pada kamera dalam menangkap dan memproses frame yang tinggi dalam satu detik.  Smartphone high end seperti Samsung Galaxy S7 edge atau iPhone 7 hanya mampu merekam video di 720p dengan 240 fps (frame per second) dan di 1080p hanya berada di kecepatan 120 fps saja. 240 fps apalagi 120 fps dinilai belum menawarkan kualitas rekaman yang bagus.

Namun merekam video slow motion dengan hasil yang sangat baik nampaknya akan segera terwujud. Perusahaan termuka Sony dengan Divisi sensor kameranya mengumumkan telah menciptakan sensor kamera yang mampu merekan diresolusi 1080p dengan 1000 fps!

Sensor CMOS berjenis stacked ini memiliki 3-layer, pertama di dunia, karena biasanya Sensor CMOS hanya terdiari dari 2-layer saja. Penggunaan 3 layer itu lah yang membuat sensor Sony dapat merekam video hingga 1000 fps.


Layer tambahan itu adalah DRAM yang memungkinkan sensor untuk dapat memproses sinyal empat kali lebih cepat dari yang sudah ada.

Kecepatan tinggi membaca data, yang dimiliki sensor ini juga dapat membantu mengurangi efek distorsi.

kalian bisa lihat slow motion video yang dihasilkan dari sensor Sony terbaru.



Mantab yah, Sony memang telah dikenal sebagai pencipta sensor kamera yang berkualitas. Sementara itu Sony masih belum tahu kapan sensor terbaru mereka ini akan menyambangi kamera smartphone, sepertinya sensor Sony masih dalam tahap pengembangan dan perlu pengujian lebih lanjut. Belum jelas juga apakah sensor ini akan hadir eksklusif hanya diperangkat mereka atau tidak.



Tampilkan Komentar