Tahun depan, Seagate akan Luncurkan Hard disk 14TB dan 16TB

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   1/28/2017 12:00:00 pm
Seagate HDD Serhamo.net - Seagate sudah semakin dekat dengan ambisi mereka membuat hard disk berukuran 20TB ditahun 2020. Saat ini Seagate dalam 18 bulan ke depan sudah dapat menyicil tujuannya tersebut dengan meluncurkan hard disk drive berkapasitas 14TB dan 16TB.

Jika Seagate benar-benar mewujudkannya, maka kapasitas 16TB akan menjadi kapasitas disk drive magnetic terbesar yang pernah ada. Bagi kalian yang sangat membutuhkan kapasitas untuk keperluan seperti server ataupun sebagai Network Attached Storage (NAS) tentu merupakan kabar baik, karena penggunaan data setiap tahun pasti mengalami peningkatan.

Walaupun sebenarnya kapasitas penyimpanan terbesar saat ini berada di Solid State Drive (SSD), yang mempunyai kapasitas hingga 60TB--sangat jauh jika dibandingkan dengan HDD--namun HDD lebih efektif jika dilihat dari harga, 2TB SSD bisa lebih mahal daripada 10TB HDD. keunggulan SSD terletak pada kecepatannya dan bobotnya yang ringan juga lebih awet atau tahan.



HDD Seagate berkapasitas super besar 16TB ini akan mempunyai ukuran normal pada umumnya, yakni 3.5 Inci. Dan seperti versi 10TB dari Seagate, penggunaan gas Helium juga akan dimasukan ke dalam hard disk ini. Penggunaan gas helium sepertinya akan terus dilakukan seagate mengingat setiap tahunnnya Seagate mengeluarkan HDD dengan kapasitas sangat besar..

Berapa kira-kira harga untuk membandrol HDD 16 TB ini ? Jika dilihat dari model 10TB yang dirilis tahun lalu dengan harga 535 dollar AS atau sekitar Rp 7.1 Juta, HDD 16 TB Seagate diharapkan berada dikisaran harga tersebut.

Tampilkan Komentar