Perusahaan Ansuransi Jepang Pecat 30 karyawannya dan Diganti dengan Robot

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   1/07/2017 01:04:00 pm
Jepang Pekerjakan Robot Untuk Gantikan Manusia Serhamo.net - Invasi Kecerdasan buatan kini tampaknya sudah semakin meluas hingga sampai menyasar pekerjaan yang dilakukan manusia. Sebuah perusahaan ansuransi di Jepang, Fukoku Mutual Life Insurance telah memecat 34 staff karyawannya dan diganti dengan sistem robotik yang dapat menghitung pembayaran ansuransi.

Seperti yang kami rangkum dari Tempo (7/2/2017) Fukoku Mutual Life Insurance percaya keputusannya menggantikan manusia dengan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) akan meningkatkan produktivitas hinggas 30%.

Selain peningkatan produktivitas, perusahaan juga dapat menghemat hingga Rp 14 miliar per tahun, setelah kecerdasan buatan dipasang pada bulan ini.

Menurut laporan dari situs berita jepang Mainichi, sistem kecerdasan buatan ini didasarkan pada superkomputer IBM Watson. IBM Watson mempunyai teknologi kognitif yang dapat berfikir seperti manusia, itu berarti memungkinkan sisitem untuk dapat membaca dan menafsirkan semua data konsumen, termasuk teks tak berstruktur, gambar, audio atau video.



Teknologi kognitif di IBM Watson juga dapat membaca puluhan ribu sertifikat medis, riwayat medis, dan prosedur bedah yang kemudian sistem akan mengumpulkan informasi relevan tersebut dan digunakan untuk menghitung pembayaran.

Diterapkannya sistem kecerdasan buatan ini tentu akan mengurangi secara drastis waktu yang dibutuhkan untuk menghitung pembayaran di Fukoku Mutual, yang mencapai 132.000 transaksi pada tahun ini.

Perusahaan ansuransi lainnya di Jepang juga sedang memikirkan untuk menggantikan pekerjanya dengan robot. Setidaknya terdapat 3 perusahaan yang ingin mengikuti jejak langkah Fukoku Mutual Life Insurance untuk gunakan robot sebagai karyawan.

Prediksi Nomura Research Institute, dalam laporannya mengatakan, hampir setengah dari semua pekerjaan di Jepang akan bisa dilakukan oleh robot di tahun 2035.

Robot menggantikan manusia mengingatkan kita pada film-film fiksi dimana manusia sudah usang sehingga perlu diganti dengan robot. Kondisi seperti ini juga mendorong manusia untuk terus berinovasi dan mengembangkan ketrampilan baru dibidang-bidang yang belum dijelajahi manusia.

Tampilkan Komentar