Layanan Email Lavabit Yang pernah Digunakan Snowden, Kembali Hidup

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   1/22/2017 01:32:00 pm
Layanan Email Yang Digunakan Snowden Serhamo.net - Penyedia layanan e-mail yang sangat disukai Edward Snowden ini kembali dibuka. Lavabit sekitar 3 tahun silam memilih menutup layanannya daripada membocorkan data pengguna ke pemerintah Amerika serikat.

Tahun 2013 FBI meminta kunci enkripsi SSL kepada Lavabit untuk mendapatkan password dan mengakses email Snowden yang pada saat itu juga merupakan buronan Amerika serikat. Hal tersebut dilakukan FBI untuk mengetahui dengan siapa saja snowden berkomunikasi, karena itu merupakan informasi penting bagi FBI untuk menyeret Snowden kembali ke Amerika serikat (Saat ini Snowden berada di Rusia dan telah mendapatkan suaka untuk tinggal di negara tersebut.)

Edward Snowden adalah mantan intelijen NSA dan CIA, ia membocorkan dokumen rahasia mengenai pengintaian ilegal besar-besaran yang dilakukan oleh Amerika Serikat.

Permintaan FBI langusng ditolak Ladar Levison, selaku pemilik Lavabit. "Kunci SSL adalah ancaman terbesar kami" kata levison seperti yang serhamo rangkum dari The Intercept Minggu (1/22/2017).

Lavabit telah memiliki 410.000 akun pengguna pada saat itu, memberikan kunci SSL sama saja mengancam keamanan data 400 ribu akun pengguna. Daripada kehilangan kepercayaan dan privasi pengguna, Lavabit terpaksa memilih menutup layanannya dan itu juga berarti pengguna tidak bisa mengakses kembali email mereka.



Pada hari Jum'at lau, setelah tiga tahun mati suri, kini lavabit kembali bangkit dengan arsitektur baru yang secara fisik mencegah perusahaan untuk menyerahkan kunci enkripsi SSL. Lavabit juga meningkatkan fitur privasi pengguna seperti mengenkripsi metadata e-mail sehingga kerahasiaan identitas pengirim maupun penerima tetap terjaga.

Snowden yang pernah menggunakan Lavabit mengatakan kepada The Intercept bahwa dirinya akan menggunakan kembali layanan email Lavabit.

Sang whistleblower lebih lanjut mengatakan "Lavabit mungkin adalah satu-satunya perusahaan didunia yang benar-benar melindungi privasi pengguna, terbukti mereka lebih memilih menutup lavabit daripada menjual informasi perusahaan."

Saat ini, layanan email lavabit hanya bisa digunakan untuk pengguna lama saja, Lavabit belum mengatakan kapan mereka akan membuka layanan email untuk pengguna baru, namun untuk sekarang kalian sudah bisa melakukan pre-register di website lavabit.

Tampilkan Komentar