Dosime, Perangkat Wearable ini dapat Mendeteksi Radiasi di Sekitarnya

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   1/22/2017 08:55:00 pm
Perangkat untuk mendeteksi radiasi Serhamo.net -  Di acara CES 2017 yang berlangsung awal bulan lalu, Perusahaan Dosime, Inc. meluncurkan perangkat terbaru mereka yang dinamakan Dosime. Alat ini dapat mengukur dengan akurat tingkat radiasi yang ada disekitarnya secara real-time.

Di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, memiliki tingkat radiasi yang cukup tinggi. Satu dari tiga orang penduduk AS bertinggal hanya berjarak 50 mil dari pembangkit tenaga listrik nuklir, dan hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Menurut komisi regulasi nuklir di AS, setiap warga AS menerima rata-rata dosis radiasi pengion setidaknya 620 millirems setiap tahunnya.
Sumber radiasi yang diterima berasal dari alam dan buatan manusia.

Dilansir dari The Verge Minggu (22/1/2017) Perangkat Dosime sepertinya pilihan yang tepat jika kalian ingin memiliki hidup yang lebih sehat dengan manjauhi paparan radiasi. Dosime dapat dijadikan arah untuk menghindari atau untuk tidak terlalu berlama-lama pada daerah yang memiliki tingkat radiasi cukup tinggi.

Terdapat dua mode pada perangkat ini. Home made saat perangkat ini diletakan dalam rumah untuk mendeteksi seberapa besar tingkat radiasi yang ada di rumah, dan Wearable mode saat pengguna membawa dosime ketika sedang diluar rumah.

Ketika pengguna membawa Dosime ke luar rumah, alat ini akan mengukur secara real-time tingkat radiasi yang ada disekitar, mengakumulasi dosis yang diserap pengguna dan juga memberikan informasi sumber radiasi. Perangkat Dosime dapat terhubung ke aplikasi di smartphone melalui bluetooth, jadi ketika pengguna medapatkan paparan radiasi pada batas tertentu, Dosime akan memberikan peringatan visual dan juga mengirimkan pemberitahuan peringatan ke Smartphone pengguna.
aplikasi dosime, detektor radiasi
Tampilan Aplikasi Dosime

Dosime itu sendiri dijual di Amerika serikat dengan harga senilai 249 dollar AS atau sekitar Rp 3.4 Juta. Dosime direncanakan akan melakukan penjualan di awal tahun ini. Untuk saat ini, bagi kalian yang ingin membelinya bisa melakukan pre-order di situs Amazon.com

Tampilkan Komentar