NASA Tunjukan Video Perubahan Suhu Bumi dari Tahun 1880

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   1/26/2017 10:42:00 am
Serhamo.net - Seperti yang kita tahu tahun 2016 merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat sejak tahun 1880. Menurut analisis yang dilakukan oleh NASA dan NOAAHal itu juga merupakan rekor baru untuk ketiga kalinya,

Untuk dapat menganalisis suhu bumi, NASA dan NOAA mengambil informasi dari berbagai stasiun cuaca di seluruh dunia. Saat ini NASA telah menggunakan sekitar 6.300 stasiun cuaca juga termasuk stasiun penelitian antartika, dan hasilnya menunjukan, suhu bumi yang terus mengalami kenaikan merupakan bagian dari tren jangka panjang yang telah terjadi dalam 35 tahun terakhir.

Berikut video visualisasi yang telah NASA bagikan, mengenai bagaimana bumi mengalami perubahan suhu sejak tahun 1880



Dari peningkatan karbon dioksida di atmosfer yang terjadi sejak akhir abad ke-19 menunjukan, suhu permukaan global telah meningkat hingga 1.1 derajat Celcius. Fenomena ini memunculkan global warning yang telah diserukan sejak tahun 2001. Akibat dari peningkatan suhu bumi tentu sudah bisa kita rasakan seperti bergesernya pola cuaca yang membuatnya tidak menentu lagi.



Para peneliti menduga tahun 2017 juga akan menjadi salah satu tahun terpanas, walaupun itu tidak 100 persen akan terjadi karena fenomena seperti El Nino dan La Niña dapat membuat beberapa fluktuasi. Namun tanpa adanya upaya pengurangan emisi karbon kita sudah dapat melihat apa yang akan terjadi.

"Kami tidak berharap memecahkan rekor setiap tahun, tetapi jelas tren pemanasan jangka panjang masih berlangsung" kata Direktur NASA Goddard Institute for Space Studies, Schmidt dalam sebuah postingannya di Situs NASA.


Tampilkan Komentar