2 Bintang Ini Akan Bertabrakan Di Tahun 2022, Memancarkan Cahaya Sampai Ke Bumi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   1/11/2017 11:48:00 pm
Gambar Ledakan Red Nova pada tahun 2002 Serhamo.net - Baru-baru ini dalam pertemuan yang berlangsung di American Astronomical Society, Texas. Profesor dari Universitas Calvin, Larry Molnar, dan timnya mempresentasikan prediksinya mengenai sepasang bintang di rasi bintang Cygnus yang akan bertabrakan dan tercipta bintang baru pada tahun 2022.

"Ini adalah satu dalam satu juta kesempatan yang anda dapat untuk memprediksi ledakan, dan Ini tidak pernah dilakukan sebelumnya." kata Molnar dalam presentasinya.

Jika prediksi ini benar, maka ini akan menjadi pertama kalinya untuk para astronom yang berhasil memprediksi kelahiran bintang baru. Ilmuwan sebelumnya tidak pernah memprediksi tabrakan bintang biner meskipun mereka telah mengamatinya.

Tim ini diketahui telah memantau bintang biner tersebut sejak tahun 2013 yang dikenal sebagai KIC 9832227, dan semakin mendekat satu sama lain setiap tahunnya.  Sebuah bintang biner sebenarnya adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua bintang yang mengorbit satu sama lain. Tabrakan yang terjadi antara 2 bintang besar tersebut akan meningkatkan kecerahan 10 ribu kali lipat, hingga memancarkan cahaya sampai ke bumi. Bintang baru sangat terang itu disebut red nova.

Rasi bintang Cygnus
Bintang baru ini terletak di bagian sayap kanan dari Cygnus

Red nova sebelumnya juga pernah terlihat di tahun 2008, adalah bintang biner V1309 Scorpii yang secara tidak diduga meledak. Data yang didapat ilmuwan dari pengamatan yang diambil sebelum bintang meledak, menunjukan bahwa sebelum terjadi ledakan, kecepatan mengorbit kedua bintang meningkat terus-menerus.

Ilmuwan telah melihat pola yang sama dari KIC 9.832.227, dan mereka akan terus memantau 2 bintang tersebut hingga tiba waktunya kedua bintang ini bertabrakan.

Red nova tidak hanya akan menjadi peristiwa luar angkasa yang indah, tetapi juga memberikan para ilmuwan kesempatan untuk mempelajari secara rinci penyebab meledaknya kedua bintang saat bertabrakan.

Tampilkan Komentar