Bukan hanya DNC, Kelompok Hacker Rusia ini Juga Menyerang Militer Ukraina

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   12/23/2016 11:56:00 pm
Hacker rusia serang militer Ukraina Serhamo.net - Perusahaan keamanan CrowdStrike telah menerbitkan sebuah laporan baru yang menyebutkan bahwa, kelompok hacker rusia yang beberapa waktu lalu menyerang Democratic National Committee (DNC) diduga kuat juga menyerang kemanan militer Ukraina. Kelompk hacker dengan sebutan Fancy Bear menyerang dengan cara menanamkan malware ke dalam aplikasi, untuk melacak gerakan pasukan artileri Ukraina. Aplikasi tersebut memang dipergunakan oleh pasukan Ukraina untuk beroperasi, dan didistribusikan melalui forum militer.

Malware tersebut mampu mengakses komunikasi dan lokasi pengguna. "Tool seperti ini dapat menunjukan komposisi dan susunan dari unit pasukan, juga rencana mereka dan bahkan mencari tahu lokasi mereka," tulis CrowdStrike dalam laporannya. Lebih lanjut lagi, CrowdStrike menuliskan pengintaian militer Ukraina melalui malware telah dilakukan sejak 2 tahun lalu.

Malware itu sendiri dikenal sebagai X-Agent, yang juga digunakan untuk menyerang sistem DNC. CrowdStrike mengatakan sejauh ini tidak ada kelompok hacker lain yang menggunakan X-Agent selain Francy Bear. Hal ini semakin memperkuat keterlibatan Badan Intelijen Militer Rusia (GRU) dengan kelompok hacker Fancy Bear. Konflik antara Rusia dan Ukraina dalam beberapa tahun terakhir memang memanas terkait kawasan di timur Ukraina dan Crimea.

Sampai saat ini belum ada komentar apapun dari kedua pihak mengenai laporan CrowdStrik.

Tampilkan Komentar