Docking Dilepas, Performa Grafik Nintendo Switch Turun jauh

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   12/20/2016 04:35:00 pm
Performa Nintendo Switch Serhamo.net - Konsol terbaru keluaran Nintendo yang bernama Switch, dengan konsep konsol rumahan dan portable memang sangat mengesankan mereka sangat mengerti dengan apa yang gamer butuhkan, kelebihan ini yang membuat Nintendo berada di atas angin dari para pesaingnya.

Dalama trailer yang diperkenalkan beberapa bulan lalu, Konsol Switch memungkinkan para gamer dapat bermain tidak hanya di dalam rumah namun juga diluar rumah, letakan konsol Switch ke docking-nya saat bermain di rumah, dan melepasnya dari docking ketika ingin main di luar rumah. Video trailer konsol Switch ini dibuat dengan sangat baik, melihat video tersebut serasa pengalaman bermain bisa kita rasakan sendiri, ekspetasi besar akan kesenangan memiliki konsol switch pun langsung melintas tidak heran jika banyak yang menanti-nanti kehadiran konsol Switch ini.

Namun, berdasarkan laporan yang didapat dari Digital Foundry yang mungkin membuat penggemar konsol Switch kecewa, pasalnya dalam laporan tersebut, saat Nintendo Switch dilepaskan dari docking performa grafik dari Switch akan ikut turun jauh, sementara untuk CPU tidak berpengaruh. Nintendo Switch menggunakan GPU Maxwell dengan 256 CUDA core clock up to 1000 MHz. Walaupun kecepatannya hinggi 1000 Mhz, namun dalam laporan, kecepatan terbaik dari GPU Nintendo Switch yaitu saat docking terpasang hanya berada dikecepatan 768 MHz, saat docking dilepas kecepatannya akan turun jauh hanya berada pada kecepatan 307,2 MHz saja, dengan kata lain 60% lebih lambat.


Jika dilihat dari cara penggunaan bermain Nintendo Switch, ada beberapa alasan yang masuk akal mengapa Nintendo memilih untuk melakukan UnderClocking pada GPU Switch. Pertama adalah untuk menghemat daya baterai. Kedua Switch memiliki resolusi 720p dengan bentang layar 6.2 inci, saat konsol pada posisi normal (docking) itu berarti beralih ke TV sebagai layar otomatis Switch tentu juga akan beralih ke resolusi 1080p, 720p memiliki 56% pixel lebih sedikit dengan 1080p, itu masuk akal jika Nintendo melakukan UnderClocking pada GPU Switch saat docking tidak terpasang.

Meskipun ada perbedaan performa yang besar antara Switch docking dan undocking, tentu Nintendo sudah memperhitungkannya, dalam game yang akan dijalankan, sang pengembang mungkin telah membuat game agar dapat berjalan sama baiknya pada saat Switch docking atau pun undocking.
Tidak lama lagi Nintendo Switch akan melakukan presentasi pada 12 januari 2017, berharap kita akan dapatkan penjelasan secara rinci bagaimana sebuah game akan berjalan pada mode yang berbeda di kecepatan performa yang sangat jauh berbeda.

Tampilkan Komentar