Begini Cara Cek Akun Facebook Kita Sedang Digunakan Orang lain atau Tidak

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   12/30/2016 05:22:00 pm
Keamanan Akun facebook Serhamo.net  - Keamanan selalu menjadi hal yang sangat diperhatikan di era internet ini, apalagi kalau sudah menyangkut data pribadi atau akun sosial media kita. Sosial media sekelas facebook pun sangat rawan untuk disusupi peretas, bisa jadi akun facebook kita sering diintip oleh orang tidak dikenal.

Untuk mencegah hal itu, facebook telah memberikan fitur bantuan keamanan yang berguna untuk mencegah seseorang login ke akun kalian, atau juga melihat dimana saja akun facebook anda digunakan dan dengan melalui perangkat apa.

Untuk dapat menggunakan fitur tersebut, masuk ke menu Setting atau pengaturan kemudian pilih lagi menu security atau keamanan. 
Gambar diatas adalah tampilan menu security pada dekstop, untuk di smartphone caranya sama saja.

Setalah masuk security, cari item menu Where You're Logged In atau Tempat Anda Masuk lalu klik Edit. Di sana kalian akan bisa lihat melalui perangkat apa akun facebook anda diakses, dan di mana saja akun facebook anda diakses.
Cek akun facebook sedang digunakan orang lain atau tidak
Jika ditemukan perangkat atau tempat yang tidak anda kenal sedang mengakses facebook kalian, kemungkinan besar akun facebook kalian sedang diintip orang lain. Maka langkah selanjutnya klik End activity pada aktivitas yang mencurigakan, kemudian segera-lah ganti password atau kata sandi untuk mencegah si peretas masuk kembali ke akun milik Anda.

Untuk pencegahan selanjutnya, kalian bisa memanfaatkan fitur sistem facebook untuk memberikan peringatan jika mendapati seseorang yang ingin login facebook di perangkat atau browser baru. Pemberitahuan peringatan akan dikirim langsung ke tiga tempat yakni melalui facebook itu sendiri, e-mail, atau juga pesan SMS ke nomor yang sudah didaftarkan pengguna.

Cara menggunakan fitur tersebut juga cukup mudah. Masih di menu security kemudian cari item menu Login Alerts atau Peringatan Masuk lalu klik Edit. Nah kemudian pilih kemana pemberitahuan peringatan akan dikirim.

Cukup mudah ya, saya rasa kedua fitur ini sangat penting untuk kalian pengguna facebook demi menjaga kemanan privasi.

Tampilkan Komentar