AS Berikan Hadiah 40 Miliar, Untuk Informasi Keberadaan Dua Hacker ini

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   12/31/2016 08:14:00 pm
Hacker dengan buronan termahal Serhamo.net - Presiden AS Barack Obama membuka babak baru setelah tuduhannya yang dilayangkan kepada Rusia mengenai campur tangan terhadap pemilihan presiden di AS. Obama mengumumkan kamis lalu terdapat 2 hacker yang menjadi prioritas utama AS untuk ditangkap.

Dilansir dari detikinet (31/12/2016) Kedua hacker tersebut bernama Evginey Mikhailovich Bogachev dan Aleksey Alekseyevich Belan ((bisa bacanya gk guys? :D). Keduanya dikatakan telah mencuri jutaan informasi finansial milik warga AS dan mendapatkan keuntungan jutaan dolar dari aksinya itu.

Mereka berdua memang telah menjadi buronan FBI selama bertahun-tahun, namun tidak ada yang bisa dilakukan FBI karena mereka berdua tinggal di Rusia, yang tak punya perjanjian ekstradisi dengan AS. Itu-lah mengapa FBI menawarkan hadiah sebesar 3 Juta dollar AS  bagi siapa pun yang dapat memberikan informasi mengenai keberadaan Bogachev, sampai ia bisa tertangkap. Ini adalah hadiah terbesar yang pernah ditawarkan FBI untuk menangkap seorang Hakcer.

Bogachev adalah hacker di balik serangan malware bernama GameOver Zeus yang telah menginfeksi lebih dari sejuta komputer dan menyebabkan kerugian finansial lebih dari 100 juta dollar AS. Malware ini mencuri berbagai informasi finansial seperti password, PIN dan juga nomor rekening untuk kemudian digunakan mencuri uang dari si korban.

Bogachev juga diduga menjadi otak di balik sejumlah serangan ransomware yang telah menyerang sejumlah perusahaan finansial dan juga agensi pemerintahan di AS.

Berbeda dengan Bogachev, Belan hanya dihadiahi 100 ribu dollar AS bagi siapa pun yang dapat memberikan informasi. Ia dicari karena meretas tiga e-commerce besar di AS dan mencuri data-data konsumen serta menjualnya ke penjahat lainnya di dunia maya.

Di sisi lain hacker yang paling dicari AS ini malah populer di negara asalnya, Rusia. Mereka dianggap sebagai pahlawan, sejalan dengan adanya gelombang gerakan anti-Amerika di negara itu.

"Melihat apa yang telah dilakukan Ameika terhadap orang lain, hal yang dilakukan Bogachev (terhadap AS) sudah sepantasnya," ujar seorang sopir taksi di Rusia bernama Vazgen Atanasov.

Beikut gambar wajah untuk dua hacker Rusia tersebut.
Hacker Rusia paling dicari


Tampilkan Komentar