Tips sebelum membeli smartphone yang tepat

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/15/2016 06:10:00 pm
Tips sebelum membeli smartphone yang tepat serhamo Banyak sejumlah orang yang masih bingung dalam menentukan smartphone yang ingin dibeli. berbagai pertimbangan pun hadir dari mulai merek sampai harga. Beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan terkait pembelian smartphone juga perlu anda ketahui untuk menentukan pilihan yang tepat.

Masih bingung menentukan smartphone yang tepat?
jangan khawatir, di sini kami akan membahas secara lengkap hal-hal apa saja sih yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone, agar nantinya tidak ada penyesalan dibelakang.

1. Sistem Operasi
kamu harus tau sistem operasi apa yang akan digunakan oleh Smartphonemu nanti.
terdapat 4 jenis sistem operasi untuk smartphone yang memiliki kelebihannya masing-masing antara lain Android yang mengungulkan user friendly, iOS  yang mengunggulkan kestabilan sistem, Windows Phone yang meunggulkan komputerisasinya , dan Blackberry yang mengunggulkan keamanannya.

2. Processor
Processor merupakan bagian penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone, processor menentukan kecepatan dalam memproses tugas yang dilakukan smartphonemu. untuk saat ini saya sarankan untuk memilih processor minimal atau setidaknya dual core dengan kecepatan 1 Ghz, hal itu cukup masuk akal mengingat saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang membutuhkan kecepatan yang cukup baik untuk memproses suatu aplikasi.

3. Ram
Ram juga merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Ram berguna untuk menyimpan proses sementara dari sebuah aplikasi, dan semakin besar Ram semakin banyak juga aplikasi yang bisa di buka saat waktu bersamaan. dan untuk ukuran Ram minimal yang saya sarankan itu minimal 512mb.

4. Display
display berfungsi sebagai penampil dari kerja sebuah Smartphone, ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan dalam memilih display:

Ukuran layar fisik: ini hal pertama yang di lihat oleh kita dalam sebuah tampilan smartphone karna dari ukuran fisik ini kita bisa menemtukan tampilan smartphone yang kecil ( 4 Inci), sedang ( 5 Inci), atau mungkin besar ( 8 Inci ukuran tablet ) agar lebih puas saat menonton video atau bermain game.
- resolusi Smartphone: resolusi adalah bagian kedua yang perlu dilihat dalam Smartphone karna resolusi yang menentukan kejernihan sebuah tampilan smartphone jadi semakin tinggi resolusi smartphone semakin jernih juga tampilan yang di hasilkan. Ada beberapa tingkatan resolusi yang sering digunakan oleh smartphone saat ini, antara lain WVGA ( 800x480 ) , HD ( 1280x720 ) , Full HD ( 1920x1080 ) , dan QHD ( 2560x1440 ). Saya rasa resolusi HD sudah cukup bagi kalian yang ingin mempunyai tampilan layar yang bagus.

Kerapatan Pixel / PPI ( Pixel Per Inch )
ppi ini berfungsi sebagai detail sebuah tampilan dari resolusi, jadi bila resolusi besar belum tentu jernih bila ppi kecil.

5. penyimpanan
ini yang ga boleh ketinggalan juga karna di sini lah aplikasi, game, dan data-data kita di simpan
ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam hal ini :

Penyimpanan internal
di penyimpanan ini biasanya digunakan oleh sistem untuk menyimpan aplikasi dan game karna banyak smartphone sekarang yang tidak bisa memindahkan data aplikasi dan gamenya ke memori external jadi untuk penyimpanan ini saya sarankan untuk memilih penyimpanan yang besar minimal 4gb.

Memori external
biasanya di gunakan untuk meyimpan data-data yang kita punya seperti foto, musik, video, dan lain-lain. Perlu di perhatikan juga sebelum membeli smartphone kita harus lihat smartphone yang kita akan beli suport untuk memori external juga atau tidak karena ada beberapa smartphone yang tidak menyertakan fitur ini yang biasanya penyimpanan internalnya yang besar, apabila smartphone yang kita beli suport untuk memori external harus di lihat juga kira-kira smartphone kita sanggup untuk memakai hingga kapasitas berapa GB biasanya di tulis dengan ( Up to ).

6. jaringan yang di gunakan
ini yang perlu di perhatikan juga apakah smartphone kamu itu Edge , 3G/H+ , atau mungkin 4G
karna setiap jaringan itu berbeda-beda kecepatannya dalam mengakses internet seperti Edge yang kecepatannya sekitar 100 KB/s, 3G/H+ dengan kecepatan bisa sampai 1 MB/s, dan 4G bisa sampai 3 MB/s.

7. Kamera
buat kamu yang suka eksis dan sosialita hal ini wajib kamu perhatikan
pernahkah kamu mendengan kata “wah kamera bagus, emang berapa MP kameranya ? “
dari kata itu bisa kita lihat bahwa orang-orang berasumsi bahwa kamera yang bagus itu biasanya yang MP ( mega pixel ) besar, tapi nyatanya tidak--buktinya kamu membaca artikel ini lebih dari 60 detik #:D.

Memang dengan MP besar mempu menghasilkan detail gambar yang baik namun hal itu bukanlah satu-satunya penentu utama,  sensor dan lensa-lah yang menjadi penentu utama hasil dari suatu jepretan.


8. fitur-fitur tambahan
ini juga bagian penting karna ini juga yang menjadi daya tarik dan menjadi daya jual suatu smartphone seperti contohnya Sony yang mengunggulkan fitur tahan air ( wather resistent ) smartphone yang bisa di bawa untuk menyelam dengan kedalaman dan waktu tertentu. Penting untuk memahami dan mengetahui setiap fitur-fitur utama yang diunggulkan dalam smartphone.

9. budget
Dan yang paling utama dari yang utama itu adalah...
 * tet teretet tet tet tet teeett * # BGM
budget! belilah Smartphone sesuai dengan budgetmu dan gunakan cara yang halal untuk mendapatkan smartphone yang kamu suka.

Itu dia sedikit tips sederhana yang kamu perlu untuk perhatikan sebelum membeli smartphone dan semoga bermanfaat.

Tampilkan Komentar