Laporan Q3 2016: Tingkat Kegagalan Perangkat iOS Kembali Lebih Tinggi Ketimbang Android

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/18/2016 05:46:00 pm
Serhamo.net - Semenjak kuartal pertama 2016 sampai saat ini, tingkat kegagalan perangkat iOS terus mengalami kenaikan presentase. Dikutip dari verdictforu (18/11/2016) Perusahaan data keamanan global Blanco Technologyy Group merilis laporan terbarunya mengenai performa dan kesehatan perangkat mobile, untuk kuartal ketiga 2016 (Q3 2016) tingkat kegagalan perangkat iPhone dan iPad mencapai 62% diseluruh dunia, sedangkan untuk perangkat Android mencapai 47%.

iPhone 6 masih menjadi penyebab kenaikan tersebut, dimana iPhone 6 telah mengalami tingkat kegagalan perangkat tertinggi (13%,) diikuti oleh 6s iPhone (9 %), 5s (9%) dan iPad Air 2 (2%). Untuk Android LeEco Le 2 menempati posisi puncak dalam daftar perangkat dengan tingkat kegagalan tertinggi yaitu mencapai (13%), diikuti Xiaomi Redmi 3S and Redmi Note 3 (masing-masing 9%), sementara untuk Samsung dengan Galaxy S7 Edge-nya menempati urutan keempat dengan presentase 5%.

Di dalam Laporan juga disebutkan mengenai kegagalan sistem operasi dalam menjalankan aplikasi (crash), yang tertinggi kembali menempatkan iOS diposisi puncak dengan presentase mencapai 65%. Angka ini sangat tinggi ketimbang Android yang hanya mencapai 25% -- bisa dikatakan hampir tiga kali lipat.

Aplikasi yang paling sering crash di perangkat iOS adalah Instagram (14%) yang berada diurutan pertama, kemudian Snapchat (12%), dan Facebook (9%). Ketiga aplikasi tersebutlah yang paling sering mengalami crash pada semua perangkat iOS, diikuti oleh Pokemon Go, Facebook Messenger dan Google.

Situasinya sedikit berbeda untuk  Android. Aplikasi yang paling sering mengalami crash  adalah IMS Service (32%), Address book (12%), dan Google Play Service (10%). Selain itu, ada masalah pengisian ulang baterai 7% dan touchscreen sebesar 6%. Bisa dilihat tidak ada aplikasi seperti facebook, snapchat atau lainnya yang menempati posisi teratas. Hal ini bisa dikatakan sangat stabilnya aplikasi yang berjalan di Android.

Tampilkan Komentar