Kebijakan baru Google Safe Browsing, Pencadangan Webmaster selama 30 hari bagi Pengulang Pelanggaran

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/10/2016 01:06:00 pm
para pengulang pelanggaran akan ditinjau selama 30 hari untuk website berbahaya Serhamo.net - Dengan adanya program Google Safe Browsing memberitahu sekaligus melindungi pengguna internet dari serangan-serangan malware ataupun phising yang terdapat dalam website berbahaya.

Bukan hanya itu Google juga memberikan peringatan dan pemberhentian kepada pemilik website yang terindikasi konten berbahaya, namun sistem tersebut ternyata masih memiliki celah yang kemudian dimanfaatkan oleh pemilik website berbahaya. Saat pemberhentian dilakukan oleh Google yang kemudian dilanjutkan peninjauan, disaat yang sama pemilik website langsung menghapus konten berbahaya dan menghentikan sementara kegiatan berbahaya mereka, dan disaat pemilik website mendapatkan kembali status cleared, mereka akan memulai kembali kegiatan "bisnis" mereka.

Adanya celah tersebut Google tentu tidak diam, untuk mengatasi masalah tersebut Google bertindak tegas bagi para pengulang pelanggaran dengan dicadangkannya webmaster selama 30 hari.

Google akan memberitahu pelanggar yang mengulangi aksinya, dengan menandai dan memberikan mereka label "repeat offender".  pesan email diteruskan ke alamat email Google Search Console terdaftar mereka. Setelah ditandai, situs tidak akan dapat meminta verifikasi melalui Google Search Console selama 30 hari.

Masa tunggu 30 hari ini adalah untuk mencegah para pelanggar untuk mengulangi pelanggaran yang mereka ulangi berkali-kali dengan memaksa mereka untuk menunggu.

Google juga menawarkan Safe Browsing API untuk pengembang sehingga fitur ini tidak hanya bisa digunakan oleh produk Google saja, tapi pihak ketiga seperti Firefox dan Safari juga bisa menggunakannya.

Kebijakan ini diyakini menjadi tamparan keras bagi para pengulang pelanggaran, situs yang cenderung mengandalkan konten berbahaya untuk pendapatan pasti mengalami penurunan jumlah pengunjung yang berdampak pada pendapatan mereka akibat peringatan yang diberikan Google.




Sumber|Google Support

Tampilkan Komentar