Jepang Berencana Membuat Super komputer Tercepat Di Dunia

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/26/2016 09:40:00 pm
Perdana Menteri Jepang Serhamo.net - Jepang sampai saat ini masih berambisi untuk membangun Super Komputer tercepat di dunia, upaya ini dilakukan untuk mempercepat kemajuan industri mereka terutama dalam hal riset dibidang robotika, mobil otonom dan diagnosa medis.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu akan memerlukan biaya yang besar, menurut Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang pembuatan super komputer akan menghabiskan sekitar 173 juta dollar AS (Rp2,34 triliun). Pemerintah Jepang juga ingin Jepang kembali untuk menguasai pasar dunia teknologi yang telah hilang eksistensinya ditengah-tengah persaingin ketat elektronik antara Korea Selatan dan Cina.

Dikutip dari Reuters  Super Komputer ini diklaim akan mampu melakukan 130 kuadrilion--atau 130 petaflops dalam bahasa ilmiah-- kalkulasi setiap detiknya. Direncanakan proyek ini akan dibuka mulai awal tahun depan.

Jika angka 130 petaflops dapat dicapai oleh para insinyur Jepang, maka sudah dipastikan Jepang akan mempunyai Super Komputer tercepat di dunia yang mengalahkan Sunway Taihulight milik China (93 petaflops).

"Sejauh yang kami tahu, saat ini tidak ada di luar sana yang lebih cepat," kata Satoshi Sekiguchi, yang menjabat sebagai direktur jenderal di Japan's ‎National Institute of Advanced Industrial Science and Technology, yang di mana komputer tersebut akan dibangun.

Dengan dibuatnya super komputer ini, Jepang dapat memajukan berbagai teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) yang ultra-cepat yang meniru jalur saraf otak manusia, untuk membantu komputer melakukan tugas-tugas baru dan menganalisis sejumlah data, atau bahkan membantu pabrik-pabrik untuk meningkatkan otomatisasi dan masih banyak lagi. Seperti halnya Cina dengan super komputernya Sunway Taihulight digunakan peramalan cuaca, penelitian farmasi, dan desain industri.

Super Komputer baru yang akan dibuat Jepang ini dinamai AI Bridging Cloud Infastructure (ABCI), pelelangan proyek telah dibuka dan akan ditutup 8 Desember 2016. Fujitsu Ltd sebagai pembuat super komputer (10.5 petaflops) tercepat dijepang saat ini diperkirakan akan ikut serta dalam perebutan proyek tersebut, perusahaan mengatakan bahwa pihaknya sangat ingin terlibat dalam pengembangan super komputer. Namun walaupun begitu Fujitsu Ltd masih menolak untuk memberikan kepastian keikutsertaannya.

Kita lihat apakah Jepang akan mampu mewujudkannya atau tidak. Jepang saat ini sangat berusaha untuk mengambil posisi puncaknya kembali dalam ranah teknologi yang saat ini disalip oleh China sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia.

Tampilkan Komentar