Hitachi Buat Kamera Tanpa Lensa

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/19/2016 03:51:00 pm

Serhamo.net - Perusahaan asal Jepang, Hitachi telah mengumumkan bahwa mereka saat ini tengah mengembangkan teknologi kamera tanpa menggunakan lensa atau bisa disebut dengan Kamera rata. Canggihnya lagi Kamera rata buatan Hitachi ini disebut mampu memfokuskan ulang gambar yang telah direkam oleh sensor, hal ini berarti jika terdapat gambar yang buram kamera rata ini mampu membuat gambar menjadi tajam dengan memindahkan titik fokus pada objek yang ingin diperjelas.

Memang teknologi kamera rata bukanlah hal yang baru, tahun lalu Rice University pernah membuat hal yang serupa begitu juga tim dari Columbia University yang sampai saat ini dan telah lebih dahulu mengembagkan kamera tanpa lensa. Namun kamera yang dikembangkan Hitachi adalah sesuatu yang unik karena mereka dapat memfokuskan ulang kembali obyek, Hitachi rencananya akan mengkomersialkan teknologi ini pada awal 2018.

Jadi bagaimana cara kerja kamera tanpa lensa buatana Hitachi ini ? Berikut, ilustrasinya.

Dilansir dari PetaPixel (11/19/2016) Lapisan film dengan pola "concentric circle" diletakan tepat di depan sensor image, Pola concentric circle kemudian melemparkan bayangan ke sensor selama pengambilan gambar. Sensor kemudian menerima informasi cahaya yang diteruskan dengan merekonstruksi menjadikannya gambar obyek dengan bantuan algoritma khusus--yaitu Fourier transform.

Sampai saat ini, teknologi ini masih terus dikembangkan, dan Hitachi membayangkan teknologi ini nantinya akan dipakai untuk keperluan seperti mobil swa-kemudi, robotika, dan kamera pada smartphone.

Hitachi akan mempresentasikan karya mereka di Internasional Workshop tentang Image Sensors dan Imaging Systems di Tokyo pekan ini. Jika anda tertarik anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di sini.

Tampilkan Komentar