Angkatan darat AS Merancang Granat Yang dapat Memilih Jenis Ledakan

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/28/2016 05:56:00 pm
Ilustrasi The Enhanced Tactical Multi-Purpose (ET-MP) Serhamo.net - Setelah 40 tahun lamanya, akhirnya tentara AS mulai bergerak untuk membuat sebuah granat baru yang dapat memberikan kontrol lebih terhadap jenis ledakan dan juga waktu ledakan.

Dirangkum dari BBC NEWS Granat tersebut dinamakan Enhanced Tactical Multi-Purpose (ET-MP) yang saat ini sedang dikembangkan di Angkatan darat Picatinny Arsenal di New Jersey, Amerika serikat. ET-MP memungkinkan tentara untuk dapat memilih jenis ledakan antara mode fragmentation atau Concussion sebelum melemparkannya.

Selama beberapa dekade terakhir, semua personil angkatan darat diseluruh dunia telah melengkapi diri dengan Granat M67 fragmentation. Sementara untuk Concussion terakhir kali terlihat dipakai secara luas adalah Mk 3A2 yang mulai digunakan di awal abad-20, Mk 3A2 memiliki kekurangan yang terletak di Casing granat yang mengandung bahan asbes, dan jika meledak seratnya akan menyebar di udara yang dapat membahayakan siapapun disekitar ledakan.

Secara umum pilihan menggunakan granat concussion adalah yang paling tepat untuk mematikan target, namun karena radius ledakan yang pendek--sekitar 2 meter-target-pun lebih mudah lepas dari jangkauan ledakan. sedangkan untuk granat fragmentation memiliki radius ledakan berkali lipat sekitar 15 meter, saat meledak granat fragmentation akan menyemburkan pecahan peluru.

"Dengan granat multi-tujuan baru, mereka cukup membawa satu granat ET-MP saja dan itu dapat memilih salah satu efek ledakan yang diinginkan efek fragmentation atau efek concussive tergantung situasi." kata Jessica Percibali, ARDEC Project Officer.

ET-MP juga dirancang untuk penggunaan ambidextrous, itu berarti granat ini dapat dilempar dengan tangan kanan atau tangan kiri. Bagi pengguna kidal mereka memiliki prosedur berbeda untuk menggunakan granat biasa.

ET-MP diharapkan dapat melakukan uji coba tahun 2020 mendatang.

Tampilkan Komentar