Begini cara Bobol iOS 10 dengan Fitur Siri iPhone

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   11/21/2016 10:01:00 pm
Fitur Siri di iPhone Pengguna iOS 10 kini mempunyai masalah baru perihal kemanan data pribadi mereka, dengan memanfaatkan fitur Siri (Asisten Virtual) di Apple seorang Hacker dapat melewati lockscreen iPhone tanpa harus memasukkan nomor PIN, yang memungkinkannya dapat memperoleh akses ke data pribadi pengguna.

Hal tersebut diungkapkan lewat video melalui Kanal Youtube milik iDeviceHelp, mereka membagikan video tutorial untuk membobol iOS 10 dengan memanfaatkan fitur Siri di lockscreen.

Syarat untuk dapat melakukannya adalah iPhone yang bersangkutan harus berada di tangan dengan kondisi fitur Siri di lockscreen telah aktif.

Setelah syarat terpenuhi maka langkah pertama yang harus sang hacker lakukan adalah menelepon iPhone, Siri bisa diminta untuk memberitahu nomor telepone dengan bertanya "Who i am?".

Saat dihubungi, si hacker memilih opsi pesan dilayar kemudian memilih kustom, hal ini akan membuka layar dan dapat membalas panggilan dengan pesan tertulis (SMS), selanjutnya si hacker mengaktifkan Mode Voice Over dengan menginstruksikan Siri untuk "menghidupkan voice over."

Langkah selanjutnya cukup rumit dimana hacker harus melakukan double-tap pada nama kontak yang dikirimi pesan sekaligus tahan, serta menekan tombol secara acak pada keyboard. Jika berhasil, hacker akan akan dapat membuka “to field” yang dapat memperlihatkan daftar kontak di ponsel.

Dengan ini berarti sang hacker sudah membobol iPhone, jika mereka tekan ikon "i" yang terletak di sebelah kontak ia akan menampilkan semua rincian kontak atau dapat juga membuat kontak baru, dan juga mengakses semua foto yang tersimpan di camera roll iPhone. Untuk lebih jelasnya kalian bisa simak video dari iDeviceHelp mengenai celah Siri ditautan ini.

Setelah mendapatkan kabar adanya celah di Siri, Apple dikabarkan akan segera menyiapkan update untuk menambalnya. Untuk saat ini, ada baiknya untuk nonaktifkan fitur Siri di lockscreen sebagai langkah pencegahan.

Berikut dibawah ini beberapa cara pencegahan yang dapat kalian lakukan.

  • Langkah pertama, masuk ke setting > Touch ID and Passcode > lalu turn off fitur Reply with Message.
  • Kedua, nonaktifkan akses Siri ke lockscreen. masuk ke setting > Siri > lalu turn off  "Access on Lock screen".

Tampilkan Komentar