Hacker Lakukan Serangan DDoS Ke Sejumlah Situs besar di AS

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   10/23/2016 02:18:00 pm
Peta serangan DDoS Serhamo.net - Dyn situs yang menjadi penyedia dan pengelola penting atas infrastruktur internet di AS, dilaporkan pada hari Jum'at (21/10/2016) mengalami serangan distributed denial-of-service (DDoS).

Akibatnya pengguna internet di Amerika Serikat (AS) melaporkan tidak dapat mengakses beberapa situs besar seperti  Twitter, Netflix, Spotify, Airbnb, Reddit, Etsy, SoundCloud dan The New York Times.

Dilansir dari The New York Times Minggu (23/10/2016),  Dyn mengatakan pihaknya mendapatkan serangan DDoS pada jam 7 pagi hingga datang laporan terdapat banyak situs yang tak bisa diakses, berawal dari wilayah Pantai Timur, menyebar hingga ke wilayah Barat. Serangan tersebut tampaknya mengandalkan ratusan ribu perangkat yang sedang terkoneksi internet mulai dari monitoring bayi, kamera, hingga router yang ada di rumah-rumah. Dengan diam-diam hacker tersebut menginfeksi perangkat-perangkat itu dengan software yang memungkinkannya dapat dengan mudah memberikan perintah untuk membanjiri target dengan trafik internet yang luar biasa.

DDoS, terjadi ketika hacker membanjiri server (disini adalah Dyn) yang menjalankan situs target (twitter, reddit, Nelflix dll) dengan lalu lintas internet berlebih sampai kelebihan beban yang membuat sebuah situs down (tumbang). Serangan seperti ini biasa terjadi, tetapi ada bukti bahwa mereka menjadi lebih kuat, lebih canggih dan semakin ditujukan untuk penyedia inti infrastruktur internet.

Peneliti keamanan telah lama memperingatkan bahwa meningkatnya jumlah perangkat yang terhubung ke internet, yang disebut Internet of Things, akan menyajikan masalah keamanan yang sangat besar.  Dan serangan yang terjadi pada hari Jumat, peneliti keamanan mengatakan, serangan itu hanyalah sedikit cara bagaimana perangkat-perangkat dapat digunakan untuk serangan online.

FBI bersama Departemen Keamanan AS menanggapi dengan serius mengenai kejadian tersebut dengan melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mencari tahu motif dan penyebab serta kemungkinan adanya aktivitas kriminal dan serangan yang menyasar negara.


Tampilkan Komentar