WhatsApp Berencana Menambahkan Fitur kemanan Chatting dengan Passcode

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/23/2016 09:56:00 pm
Serhamo.net -  Keamanan dalam berkomunikasi via internet akan terus menjadi persoalan masalah yang harus dibenahi dengan ketat, hal itu yang sepertinya menjadi tanggung jawab utama dari penyedia aplikasi chatting paling terkenal di dunia ini. Sebelumnya di tahun ini WhatsApp telah menambahkan fitur baru end-to-end encryption untuk melindungi pesan dari kelompok hacker, belum cukup dengan fitur tersebut WhatsApp dikabarkan berencana menambahkan lagi fitur keamanan chatting yaitu dengan menggunakan sistem passcode.

Dilansir dari Gadgets NDTV Jumat (23/9/2016) Pengguna akan membuat sebuah kode sandi berjumlah enam digit, yang digunakan untuk mengunci aplikasi WhatsApp dan jika ingin membukanya pengguna harus memasukan code yang telah mereka buat sebelumnya.

Dari laporan yang didapat, ada beberapa program yang akan muncul pada layar ponsel seperti "masukkan enam digit passcode", "Kode sandi tidak cocok, coba lagi", dan "masukkan alamat email pemulihan". Lebih lanjut lagi WhatsApp juga ingin pengguna bebas untuk -- apakah mereka ingin menyertakan opsi recovery email atau tidak. Recovery email berguna jika pengguna lupa dengan passcode mereka, hal tersebut dirasa agak aneh mengingat kita sebagai manusia sering melupakan sesuatu yang penting.

Tujuan dibuatnya passcode tentu untuk menjaga isi pesan pengguna agar tidak ada seorang-pun dapat mengintipnya jika sewaktu-waktu smartphone kalian berada ditangan orang lain. Tapi bukankah smartphone sekarang sudah dapat mengunci sebuah aplikasi dengan passcode/password ? kita tidak tahu mungkin ada beberapa kelebihan didalamnya, untuk lebih lanjut belum ada konfirmasi resmi dari pihak WhatsApp mengenai passcode di whatsApp -- kapan fitur ini akan hadir atau apakah fitur ini benar-benar akan dihadirkan ?

Tampilkan Komentar