USB Killer 2.0 yang dapat Merusak Komputer ini, Sekarang Sudah Bisa Dibeli

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/18/2016 08:16:00 am
Serhamo.net - Virus dalam USB saja sudah membuat ancaman serius terhadap keamanan komputer, dan baru-baru ini perangkat USB dengan jenis baru, USB Killer 2.0 telah memasuki pasar, dimana USB tersebut dapat menghancurkan sistem yang ada didalam komputer hanya dalam beberapa detik saja ketika dicolokan. USB Killer 2.0 ini dijual oleh perusahaan yang berbasis di Hongkong dengan harga hanya $50 atau sekitar (Rp. 650000).

USB Killer 2.0 ini dikembangkan oleh seorang hacker yang dijuluki Dark Purple, hacker tersebut sebenarnya sudah mulai mendemontrasikan drive buatannya tersebut sejak tahun lalu. Secara singkat cara kerja dari USB "pembunuh" ini adalah USB tersebut mengumpulkan listrik dari jaringan listrik port USB (5V, 1 - 3A) hingga mencapai -220V yang mana tegangan buangan tersebut disimpan dalam jalur data USB dan langsung merusak komputer hingga mati dalam hitungan beberapa detik saja, kerusakan akan bertambah parah jika USB "pembunuh" ini tidak segera dilepas.

Menembakan -200V ke jalur USB controller dapat menyebabkan kerusakan fatal pada modern SoCs, dan perlu diingat sistem proteksi arus pada motherboard saat ini hanya melindugi sistem pada tegangan positif saja. Untuk Komponen lain seperti harddisk atau CPU biasanya mempunyai kesempatan lebih besar untuk selamat dari serangan tersebut. Kalian bisa lihat sendiri demontrasi USB Killer ditautan Youtube ini.

Pertanyaan besar, untuk tujuan apa USB berbahaya seperti ini dijual ? Ternyata hal tersebut dijelaskan oleh perusahaan bahwa USB Killer 2.0 ini digunakan sebagai alat penguji ketahanan sebuah komputer terhadap serangan semacam USB Killer 2.0. Tetap saja akan berbahaya bukan, jika ini sampai pada tangan yang salah ?

Pada saat yang sama, dalam sebuah penelitian menunjukan lebih dari 50% orang dengan senang hati mencolokan flashdisk asing -- yang ditemukan -- ke port USB komputer mereka sendiri, padahal tindakan tersebut bisa saja menhancurkan komputer mereka sendiri. Kita tidak tahu file seperti apa yang ada didalam bisa saja terdapat sebuah Malware atau USB yang dapat merusak komputer. Semua hal tersebut dapat mengingatkan kita untuk selalu meninjau dan waspada.

Tampilkan Komentar