9 fitur baru yang dimiliki iPhone 7 dan 7 Plus

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/10/2016 09:55:00 pm
iPhone 7Apple akhirnya meluncurkan smartphone terbarunya iPhone 7 dan 7 Plus, dengan beragam fitur baru yang dimilikinya mulai dari dalam hingga luar. Ada 2 perubahan luar yang paling mencolok adalah menghilangnya port headphone Jack 3.5 milimeter itu berarti membuktikan rumor yang pernah ada sebelumnya, dan satu lagi yang juga menarik khusus iPhone 7 Plus memiliki kamera dengan dua lensa sekaligus dibelakangnya.

Sebagaimana dilansir Serhamo.net dari Gadget 630, Kamis (8/9/2016), secara garis besar berikut 9 hal baru yang terdapat pada iPhone 7 dan 7 Plus.

1. Desain
iPhone masih setia dengan tampilan luar yang minimalis, serta tampil tipis dengan ketebalan 7 milimeter. iPhone 7 memiliki layar 4,7 inci (1334 x 750 piksel HD) sedangkan iPhone 7 Plus memiliki layar lebih besar yaitu 5,5 inci (1920 x 1080 piksel FHD) hal ini dikarenakan adanya dual-kamera dibelakang sehingga dibutuhkannya varian layar yang lebih besar.

Terlihat sempurna dengan tampil tipis namun justru hal itu juga yang membuatnya terlihat buruk dibagian belakang, karena adanya tonjolan bingkai lensa pada kamera belakang dan jika kita baringkan dengan posisi punggung menghadap kebawah hasilnya ponsel tidak akan rata.

2. Memori dan Penyimpanan
Jika varian iPhone sebelumnya menyediakan memori internal terendahnya sebasar 16 GB, kali ini iPhone 7 dan 7 Plus datang dengan memori internal yang lebih besar, mulai dari yang terendah 32 GB, kemudian 128 GB dan terakhir 256 GB.

3. Kamera
iPhone 7 dan 7 Plus meningkatkan kemampuan kameranya dimulai dengan optical image stabilizer yang mencegah hasil foto agar tidak blur, dukungan format RAW, Quad tone LED Flash, serta 10x Optical Zoom. Memiliki resolusi yang sama 12 Megapixel untuk kamera belakang dan 7 Megapixel untuk kamera depan.

Dual-kamera pada iPhone 7 Plus memiliki fungsi yang berbeda, yang pertama lensa wide (f/1,8), untuk dapat memotret dengan pandangan cangkupan yang besar, dan yang kedua merupakan lensa telephoto 56 milimeter  (f/2,8), digunakan untuk memotret objek yang jauh.

Apple mengklaim bahwa sensor kamera yang dimiliki iPhone 7 dan 7 Plus 60 persen lebih cepat dan 30 persen lebih hemat energi dibandingkan iPhone yang sebelumnya.


4. Headphone.
Pada peluncurannya iPhone 7 dan 7 plus ini benar-benar menghilangkan port audio 3,5 milimeter, sesuai dengan rumor yang pernah tersebar. Dalam upayanya mengubah standar dan kebiasaan ini Apple menginginkan pengguna mendengarkan audio melalui port Lighting untuk itu Apple memberikan converter Lightning to 3,5 yang sudah dibundel dalam pembelian iPhone 7 dan 7 plus.

Cara lain untuk mendengarkan audio adalah menggunakan AirPods, yaitu earphone nirkabel yang dijual iPhone.

5. AirPods
Perangkat nirkabel pertama dari Apple ini ini diklaim mampu menawarkan pengalaman dalam hal mendengarkan audio yang lebih baik berkat penggunaan Chip Apple W1.

AirPods memiliki accelerometers gerak merespon sentuhan, memungkinkan pengguna mengaksesnya dengan tap ganda.

6. Apel A10 Fusion SoC dan iOS 10
iPhone 7 dan 7 plus sama-sama terintegrasi dengan chip quad-core baru Apel A10 Fusion SoC. Apple meng-klaim kinerja dari prosesor teranyarnya ini 40 persen lebih cepat dibandingkan dengan Chip A9 tahun lalu. Begitu juga dengan sistem operasi, duo iPhone 7 ini menggunakan iOS 10 yang tentu saja memiliki peningkatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

7. Speaker stereo
Untuk pertama kalio, Apple telah memperkenalkan speaker stereo pada perangkat iPhone-nya. Speaker ini meningkatkan range dari audio dengan suara stereo yang dihasilkannya.

8. Anti air dan debu
Seperti yang dikabarkan iPhone 7 dan 7 plus memiliki fitur anti air dan Anti debu yang sampai disertifikat IP67. Ponsel tersebut dapat bertahan di air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Sertifikat yang di dapat duo iPhone 7 merupakan yang pertama untuk Apple.

9. Tombol Home
Apple merubah tombol home dengan merubahnya menjadi tombol yang akan bereaksi terhadap tekanan atau sentuhan. Apple menyematkan Taptic Engine pada tombol home yang dapat mengenali jenis tekanan pada permukaan tombol, itu berarti tombol home baru iPhone ini tidak sekedar untuk kembali ke home, tapi mempunyai banyak fungsi lain seperti feedback pada pesan, nada dering, notifikasi, dan perusahaan ketiga juga dapat membuat feedback versi mereka sendiri dengan Taptic Engine API.

Untuk informasi mengenai harga iPhone 7 dan 7 plus, berikut dibawah ini daftar harga dari varian iPhone 7 dan iPhone 7 plus.

iPhone 7
Stroge 32 GB dengan harga $649 atau sekitar Rp 8,5 juta
Stroge  128 GB dengan harga $749 atau sekitar Rp 9,8 juta
Stroge  256 GB dengan harga $849 atau sekitar Rp 11,1 juta

iPhone 7 Plus
Stroge 32 GB dengan harga $769 atau sekitar Rp 10 juta
Stroge 128 GB dengan harga $869 atau sekitar Rp 11,3 juta
Stroge 256 GB dengan harga $969 atau sekitar Rp 12,7 juta


Tampilkan Komentar