Stasiun Luar Angkasa Cina Tiangong-1, Telah Hilang Kendali

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/21/2016 01:05:00 pm
Tiangong-1 Serhamo.net - China meluncurkan stasiun antariksa pertama mereka, Tiangong-1 pada September 2011 silam. 5 tahun sejak peluncurannya, kini tidak ada yang tahu bagaimana kondisi dalam stasiun luar angkasa tersebut hal itu dikarenakan China selaku pemilik mengaku telah kehilangan kendali atas stasiun antariksa mereka Tiangong-1.

Pemerintah China juga mengatakan, Tiangong-1 akan jatuh ke bumi pada akhir 2017 dibeberapa titik. Kru China sendiri pada bulan Juni 2013 mengunjungi Tiangong-1 untuk terakhir kali, sejak saat itu juga Tiangong-1 sudah masuk ke mode sleep. disaat yang sama para kru juga terus mengumpulkan data mengenai kondisi terkini komponen yang ada di Tiangong-1, dan pengumpulan data tersebut berakhir pada bulan maret lalu.

 Dari data yang didapat mereka berencana melakukan pendaratan terkendali untuk menghindari daerah area penduduk. Namun hal tersebut bukanlah jaminan yang aman, Tiangong-1 bisa saja tidak habis terbakar atmosfer dan menyisahkan serpihan besar masalah tersebut semakin buruk jika jatuh ke area penduduk.

Sementara itu sesuai dengan perencanaan China telah meluncurkan pesawat luar angkasa terbaru mereka, Tiangong-2, yang merupakan tempat untuk laboratorium ruang angkasa dan juga bagian dalam program stasiun ruang angkasa Proyek 921-2.

Tampilkan Komentar