Proyek Jalan Raya Bertenaga Surya Siap Dibuka Di Amerika Serikat

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/24/2016 10:46:00 pm
Solar Roadways Serhamo.net - Pada 30 September nanti untuk pertama kalinya di amerika serikat akan memperlihatkan kepada publik Solar Roadways atau jalan raya bertenaga surya.

Solar Roadways adalah proyek bersama antara pemerintah kota Sandpoint dengan perusahaan startup Surya Roadways, Inc. Perusahaan Surya Roadways didirikan oleh sepasang suami-istri Scott dan Julie Brusaw, perusahaan mereka sebelumnya pernah mendapatkan dana sebesar 2,2 Juta dollar AS melalui kampanye crowdfunding Indiegogo, dan menerima kontrak penelitian dari Departemen Perhubungan AS sebesar 750 ribu dollar AS untuk melakukan tes pada tahun 2011 silam.

Penelitian bertahun-tahun yang telah mereka lakukan berbuah hasil dan kini mereka siap untuk mewujudkannya dengan menerapkannya jalan raya surya di Missouri, Rute 66.

Bentuk dari Solar Roadways itu sendiri adalah sebuah panal surya modular yang dibungkus kaca, dan mampu menahan berat mobil. Di dalamnya juga terdapat elemen pemanas, sehingga salju atau es yang turun tidak akan dapat membeku atau menghalangi cahaya matahari masuk ke panel surya. Disertai juga dengan lampu LED warna-warni interaktif yang digunakan sebagai tanda garis dan rambu-rambu jalan.
Solar Roadway dengan lampu LED interaktif
Sebagai salah satu inovasi di tahun 2016, Solar Roadways juga merupakan solusi untuk menghadirkan energi bersih dalam skala besar tanpa repot-repot harus menyediakan ruang yang besar. Meski membutuhkan biaya yang mahal dalam pembangunan jalan raya tenaga solar namun jika telah diterapkan diyakini akan memiliki energi yang dapat dijadikan pendapatan, dan menyempurnakan proses manufaktur.

Solar Roadways ini merupakan bagian dari progam Road of Tomorrow Missouri, program yang bertujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan jalan raya futuristik.

Demontrasi Solar Roadways akan dibuka pada 30 september 2016, jika tertarik untuk mengikutinya kalian bisa melihat cuplikan live-nya di website sandpointidaho.

Tampilkan Komentar