"Guide for Pokemon Go" Membawa Trojan, 6000 Ponsel Android telah Terinfeksi

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   9/17/2016 02:14:00 pm
Trojan in Guide for pokemon GoSerhamo.net - Dilansir dari laman kapersky Sabtu (17/9/2016) tim ahli kemanan Kapersky beberapa hari lalu menemukan Trojan di aplikasi Guide for Pokemon Go dan langsung melaporkannya ke google. Trojan yang tersembunyi didalam aplikasi tersebut diketahui telah diunduh hingga 500.000 kali, dan telah menginfeksi 6.000 perangkat.

Dalam beberapa bulan terakhir aplikasi Pokemon Go setidaknya telah menarik 6 juta pengguna diseluruh dunia, hal tersebut yang menarik perhatian para kriminal cyber dengan membuat sebuah program jahat dengan kedok aplikasi Pokemon Go.

Disampaikan juga oleh Kapersky Trojan dalam Guide for Pokemon Go ini merebut hak akses root dalam sistem smartphone android guna menampilkan iklan di ponsel dan bahkan dapat menginstal atau menghapus aplikasi.

Dalam keterangannya lebih lanjut, trojan yang tersembunyi di dalam aplikasi tersebut sangatlah lihai dalam menyembunyikan diri, trojan tersebut sangat berhati-hati dalam memilih target agar tidak terlihat. Jika target telah ditentukan barulah mereka menyebarkan iklan-iklan yang banyak ke dalam ponsel, menaruh beberapa file berbahaya, dan juga mengintall aplikasi secara diam-diam tanpa sepengetahuan pemilik. Hal ini sangat berbahaya jika mereka sampai mencuri uang direkening bank korban, atau bahkan mengunci ponsel korban lalu memerasnya dengan menyuruh memberikan tebusan.


Analisis yang didapat dari Kaspersky Lab menunjukkan bahwa terdapat satu versi lain lagi dari aplikasi Pokémon Guide berbahaya yang tersedia di Google Play Store pada bulan Juli 2016. Google yang telah menerima laporan mengenai adanya trojan langsung bertindak cepat dengan menghapus semua program jahat di Google Play yang berkedok aplikasi Guide for Pokemon Go.

Kapersky juga menyarankan bagi mereka yang telah terlanjur terinfeksi untuk melakukan factory reset.

Tampilkan Komentar