Pemblokir adblocker Facebook Kini Telah Di Lumpuhkan Adblock Plus

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   8/12/2016 04:49:00 pm
Serhamo.net - 3 hari lalu Facebook telah Memblokir adblocker, namun belum seminggu tepatnya hanya berselang 2 hari salah satu Tools terpopuler untuk memblokir iklan yaitu Adblock Plus telah melumpuhkan Pemblokir Adblocker dari facebook.

Adblock Plus bahkan membuat format terbarunya, jadi siapapun yang sudah mengupdate versi terbaru dari Adblock Plus, mereka tidak akan melihat Iklan lagi di Sidebar atau pun di News Feed  Facebook.

Meskipun Adblock plus berhasil melumpuhkan pemblokir adblocker namun metode yang mereka terapkan masih cacat atau belum sempurna. Selain iklan, adblock plus juga memblokir post biasa yang tidak ada kaitannya dengan iklan.

"Kami kecewa dengan perusahaan-perusahaan pemblokir iklan yang sangat merugikan orang-orang di Facebook karena apa yang mereka lakukan tidak hanya memblokir iklan tapi juga post dari teman dan halaman," kata juru bicara Facebook.

"Ini bukan pengalaman yang baik bagi orang-orang dan kami berencana untuk mengatasi masalah ini."

Metode adblock plus memang masih belum sempurna, namun mendengar fakta bahwa dalam 2 hari mereka telah berhasil melumpuhkan pemblokir adblocker Facebook adalah kabar buruk yang harus diterima pihak Facebook. Sangat mungkin bagi Facebook untuk menyiapkan langkah selanjutnya untuk menunmbangkan adblokers.

Adblock Plus juga bersiap akan berperang dengan Facebook. "Ini semacam back and forth antara komunitas pemblokir iklan yang open source dan pemblokir ad blocker telah berlangsung sejak pemblokiran iklan muncul; karena itu, sangat mungkin Facebook akan menambahkan kode baru yang akan membuat filter kami menjadi tidak berfungsi - setiap waktu. "kata Ben Williams dari Adblock Plus dalam sebuah postingannya diblog.

"Jika itu terjadi, komunitas pemblokir iklan akan secara cepat menemukan cara untuk menghindari hal itu, lalu Facebook akan mengatasinya dengan cara baru dan begitu seterusnya." tambah ben.

Untuk menjinakan adbloker hal pertama yang dilakukan Facebook adalah dihapusnya kode pengidentifikasi iklan, membuatnya tampak lebih seperti postingan Facebook biasa . Namun ternyata hal itu tidaklah cukup.

Williams mengatakan "itu hanya masalah menemukan indikator non-standar yang mulai mereka gunakan" dan kemudian menyaring mereka keluar. Ia juga menambahkan, "Saya akan menekankan, meskipun, bahwa ini adalah permainan kucing dan tikus;. jadi penghindaran mereka berikutnya mungkin akan datang setiap saat"

Facebook mengatakan pada hari selasa (saat dijalankannya rencanan pemblokir adblocker ini), bahwa mereka merasa nyaman adblocker tidak bisa menghilangkan iklan di Facebook. Menurut Facebook iklan Facebook memang tidak mengganggu dan pengguna bebas mengontrol seperti apa jenis iklan yang mau mereka lihat.

Di balik perkataan Facebook itu semua, tentu saja kenyataan bahwa sumber utama pendapatan dana mereka berasal dari iklan, tanpa iklan mereka tidak akan bisa apa-apa, ini adalah pendapat yang masuk akal jika mengingat Facebook adalah layanan gratis.

Tetapi beberapa orang yang menggunakan adblocker mengatakan bahwa mereka perlu untuk menjaga privasi mereka secara online, karena iklan, termasuk Facebook, dapat melacak kepentingan Anda di web.

"Adblocker adalah tools yang tumpul," kata juru bicara Facebook, "itulah sebabnya kami berfokus pada tools seperti preferensi iklan untuk menempatkan kontrol di tangan setiap orang."




Tampilkan Komentar