Cara Enable Task Manager yang ke disable di Windows

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   8/15/2016 02:12:00 am
Serhamo.net Task manager adalah sebuah aplikasi yang telah ada di dalam sistem operasi Windows. Fungsi utama task manager adalah sebagai penyedia informasi secara rinci tentang kinerja komputer yang mencakup proses dan penggunaan CPU, menampilkan informasi muatan dan memori komputer, menampilkan statistik mengenai aktivitas jaringan yang ada, memberikan informasi Users, sistem pelayanan, dan informasi mengenai aplikasi atau proses yang sedang berjalan secara keseluruhan.

Task manager juga berfungsi untuk menghentikan aplikasi atau proses yang sedang berjalan secara paksa. fungsi tersebut-lah yang biasanya paling sering kita gunakan.
Dengan fungsi tersebut kita bisa memantau apa saja yang sedang aktif atau berjalan di dalam sistem operasi, sehingga jika ada aktivitas dari suatu aplikasi atau proses yang mencurigakan kita dapat melihatnya dan langsung menghentikannya.

Banyaknya fungsi yang terdapat di dalam task manger tentu akan sangat berguna bagi users Windows, akan menyusahkan jika kita mendapati aplikasi task manager yang tiba-tiba hilang dari sistem operasi. Walau hilang bukan berarti taks manager kita terhapus atau teruninstall, hal tersebut biasanya terjadi karena perubahan pengaturan taks manager yang membuat aplikasi satu ini tidak aktif atau disable.

Karena masalah tersebut banyak users yang mengeluh dan bingung untuk mengatasi cara tersebut, untuk itu kami akan bantu untuk mengaktifkan/enable Task manager yang sebelumnya tidak aktif/disable.


Ada banyak cara untuk mengaktifkan/enable kembali task manager, disini kita akan pakai cara yang termudah saja yaitu melalui Group Policy.



Langkah 1, untuk enable task manager :

  1. Tekan Logo Windows di keyboard Bersamaan dengan huruf R
  2. Ketik gpedit.msc lalu enter/ok


Langkah 2

Muncul Local Group Policy Editor di sinilah kita akan aktifkan kembali task manager.
Untuk selanjutnya, masuklah ke folder User Configuration > Administrative Templates > System > Ctrl+Alt+Del Options > kemudian klik dua kali pada Remove Task Manager.
enable taskmanager

Kemudian pada Remove Task Manager, ubah setiinggan yang sebelumnya Not Configured menjadi Disable, setelah itu klik Apply lalu OK.
enable taskmanager
Sekarang Task manager kalian sudah aktif kembali.

Cara enable Task Manager di atas kalian bisa terapkan mulai dari Windows Xp sampai Windows 10. Task manager yang ke disable biasanya disebabkan oleh virus, virus mengunci task manager yang ada di dalam sistem operasi. Scan selalu Komputer mu secara rutin dengan software anti-virus walau masalah yang disebabkan virus adalah hal sepele, agak menyusahkan kita juga bila tidak bisa mengetahuinya.

Tampilkan Komentar