AMD Zen Prosesor Generasi terbaru yang Siap Saingi Intel Broadwell-E

Oleh:   Serhamo Serhamo   |   8/25/2016 11:29:00 pm
AMD Zen VS Intel Broadwell-ESerhamo.net - Sudah bertahun-tahun dan terbilang cukup lama, kita juga cukup mengetahuinya bahwa kinerja core dari sebuah prosesor AMD masih tertinggal jauh dibawah dibandingan dengan core dari prosesor Intel. Hal tersebut membuat pasar dunia dekstop PC sangat didominasi oleh Intel. AMD memerlukan peningkatan clock speed yang signifikan untuk menjadi penantang sesungguhnya untuk Intel.

Namun bukan berarti AMD menyerah begitu saja akan dominasi yang dimiliki intel, Minggu lalu dalam sebuah acara di San Francisco, AMD mendemonstrasikan prosesor generasi terbaru mereka yaitu "AMD Zen" dalam demo-nya prosesor dengan performa tinggi ini memperoleh peningkatan sebesar 40% dalam instructions per clock dibandingkan dengan prosesor high-end mereka yang sebelumnya. Ini mengindikasikan bahwa AMD akan bangkit melalui Zen.

Dalam peningkatan per clock yang sangat besar apa sudah dapat menyaingi Intel ? hal tersebut dijawab dengan melakukan tes yang melibatkan AMD Zen, dimana prosesor dekstop PC 8-core dengan 16-threads "Summit Ridge berhadapan dengan prosesor Intel Broadwell-E dengan konfigurasi core dan clock (3.0 Ghz) yang sama.

Dengan konfigurasi yang sama tersebut, kedua prosesor ini menjalankan aplikasi blender untuk rendering task, dan hasilnya AMD Zen mendapatkan poin tertinggi. AMD Zen menang tips dengan selisih 0.98 detik. Walaupun sangat tipis sekali, AMD dengan Zen-nya kali perpotensi untuk menjadi penantang sesungguhnya untuk Intel di pasar dekstop PC.

Dalam peluncurannya nanti, AMD Zen akan beroperasi di socket AM4 terbaru mereka.

berikut spesifikas utama yang dimiliki platfrom AMD AM4:
  • DDR4 Memory
  • PCIe Gen 3
  • USB 3.1 Gen2 10Gbps
  • NVMe
  • SATA Express
Spesifikai AMD4
Satu lagi kelebihan dari AMD Zen. yaitu dalam hal kebutuhan daya. AMD Zen hanya membutuhkan konsumsi daya 95 watt, dalam hal tersebut AMD Zen kali ini menang dengan jarak cukup lebar dimana pesaingnya Intel harus membutuhkan daya hingga 140 watt.

Dengan performa yang dimiliki AMD Zen, apakah kali ini AMD benar-benar bisa menyaingi kubu sebelah ? memang dalam tes yang dilakukan AMD Zen keluar sebagai pemenang, namun tes yang dilakukan belum lah cukup, kita belum tau sampai sejauh mana kekuatan dari AMD Zen ini.

Dalam demo yang ditunjukannya hanyalah sebatas sinyal untuk kubu sebelah, kita tunggu saja apakah AMD Zen ini mampu bersaing di level yang sama dengan Intel.

Tampilkan Komentar